Kajian Quran At thariq dan Al Alaq

Sore, 6 maret 2014, setelah meeting mingguan di kantor, tetiba seluruh pegawai diminta kumpul ke ruang sebelah. Ada apa tetiba ku bertanya. Ternyata Pak pemimpin kita, ya, Pak Umar Juoro, ahli ekonomi yang mengepalai kantor ini, ingin mengajak pegawainya membahasa dan mengaji quran.
Kejutan yang luar biasa bagiku, terlebih ketika mendengar materinya yang mendalam, penuh semangat namun ringan dan sesuai dengan pemahaman pegawainya. Tak tanggung-tanggung bahasannya adalah qur'an, wahyu Allah, dan karena beliau merupakan alumnus fisika ITB -walau sekarang jadi ahli ekonomi- sehingga beliau membahasnya dengan sudut pandang sains. and that was cool, saya terperangah mendengar materi yang beliau sampaikan. Yah sayangnya sebagian yang lain sudah pulang seusai rapat, jadi hanya beberapa yang menyimak kajian ini, next time mungkin bisa semuanya ikut menyimak atau bergiliran saling berbagi ilmu, i hope so. Now, here we go, ini ringkasan materinya: Bedah qur'an, At thariq dan Al alaq, dari sudut pandang sains
QS At thariq "Demi langit dan yang datang pd malam hari" sama'i artinya langit, namun dalam terjemahan bhs inggris disebut heaven bukan sky, ini mengartikan istimewanya bahasa arab, kiasan yg agung. "Tahukah kamu apakah yg datang pd malam hari itu?" "Yaitu bintang yang cahayanya menembus" annajmu syakib, bintang yg cahayanya sangat terang, sama seperti sifat malaikat yang terbuat dari cahaya, oleh karna itu ayat brikutnya "tidak ada suatu jiwapun (diri) melainkan ada penjaganya" maksudnya adalah seseorang itu dikelilingi malaikat sesuai perintah Allah. Istilah protostar baru diketahui ilmu sains modern, padahal qur'an sudah menyatakan ini, bahwa ada bintang yg cahanya sangat terang. Inilah yg harus mengingatkan qt bahwa qt senantiasa dalam perlindungan Allah, dengan atau seringnya tanpa qt minta..
QS Al alaq Allah mengatakan bahwa Allah juga mengajarkan manusia dengan perantara kalam (pena), mengajar apa yg tidak diketahui manusia, tapi manusia benar" melampaui batas, karena merasa serba cukup. Dilihat dari surat Al Alaq ayat 15 dan 16, nasiyah atau ubun-ubun, jika qt beribadah dengan konsentrasi, maka tegangan di otak sebesar 12 Hz, namun kalau marah bisa sebesar 40Hz. Jika qt berzikir maka akan turun menjadi 8 Hz, dan ketika tidur menjadi 6 Hz. Itulah pentingnya kita senantiasa mengingat Allah. Dengan atau tanpa qt minta, Allah slalu melindungi qt, mengajarkan qt banyak hikmah. Qt sudah tau bahwa gerakan sholat sudah terbukti baik bagi kesehatan, namun secara ruhiyah juga berarti menyerahkan diri pada Allah. Dengan adanya gerakan sujud, maka aliran darah ke otak menjadi lancar. Di kening qt ada yg dinamakan ubun-ubun itu, atau frontal lobe, jika bagian ini baik maka qt bisa melihat segala hal dengan jernih walaupun sedang banyak pekerjaan atau tugas. Seorang sukses asal Rusia, ia sangat kaya sampai membuat orang" ingin membunuhnya, namun ia tetap tenang karna mengakui setiap hari melakukan meditasi pd pagi dan malam hari, minimal 2 x stiap hari. Mereka bisa melakukan meditasi itu dengan tenang, sedang qt sholat terburu". Ini menjadi teguran bagi diri kita seorang muslim, banyak yg bisa qt ambil pelajaran dr org luar muslim, dimana mereka juga mengerjakan segala sesuatu scr mendalam. Kajian qur'an tiba" di kantor bgini mungkin aneh dan belum banyak, tapi org luar bahkan yg nonmuslim pun melakukan kajian itu bahkan dirumah" mereka dgn anak", dimanapun mereka berada, budaya diskusi terkait kepercayaan mereka itu pun semakin memperkuat otak mereka, tak heran orang barat kadang lebih cerdas, budaya belajar mereka bawa kemana saja. Teori" yg awalnya penemuan islam, dengan mudahnya mereka buat dunia beranggapan bahwa mereka-lah yg menemukan.
Buku referensi: tafsir ibnu katsir, lalu thinking fast and slow (buku ini bagus
kemudian victim of a map (blm baca, ini tentang sastra arab dan keindahannya
tambahan dari saya: buku light from the east-nya john freely, buku favorit
"Berjalanlah ke arah barat, kau akan menemui timur. Bumi itu bulat, kata columbus 1300an M, namun qur'an katakan itu jauh sebelum orang tua colombus dilahirkan" Keep praying, keep learning!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bantulah..Allah kan membantumu :)